"Bagaimana cara memilih warna cat yang sesuai dengan cahaya di kamar saya?"

Sungguh menakjubkan bagaimana warna yang sama dapat terlihat sama sekali berbeda bergantung pada cahaya yang bersinar di atasnya.

Cara ruangan terlihat, di siang hari atau di malam hari, dengan cahaya alami atau cahaya buatan semuanya berperan penting dalam bagaimana warna akan terlihat pada dinding Anda.

Jika Anda baru saja pindah ke rumah baru dan bingung memikirkan warna apa yang akan Anda gunakan pada dinding, lihatlah panduan praktis untuk memilih cat yang tepat sesuai dengan cahaya yang tepat.

Manfaatkan cahaya alami dan gunakan warna-warna pucat yang akan memantulkan kembali cahaya ke dalam ruangan, menciptakan suasana yang terang dan segar

Ruangan yang mendapatkan sinar matahari sepanjang hari

Ruangan seperti ini adalah ruangan yang paling mudah untuk didekorasi. Mereka cenderung bermandikan cahaya yang lembut hampir sepanjang hari, sehingga cocok dengan warna apapun.

Mengapa tidak memanfaatkan cahaya alami dan menggunakan warna-warna pucat yang akan memantulkan kembali cahaya ke dalam ruangan, menciptakan suasana yang terang dan segar? Warna emas akan menambah efek sentuhan matahari, sedangkan warna biru terang akan memberikan skema yang sejuk dan menenangkan.

Warna-warna yang kaya dan berani akan terlihat mengagumkan dan hidup dalam jenis cahaya ini. Jika Anda khawatir tentang memilih warna yang tepat, dapatkan kilasan mengenai bagaimana sebuah warna akan terlihat pada dinding Anda dengan menggunakan aplikasi Dulux Visualizer kami.

Cat yang mana? Untuk skema warna pucat, cobalah Light Navajo atau Teton Sky, untuk sesuatu yang lebih berani cobalah Razz Berries, Batik Green atau Blue Streak .

Ruangan yang mendapat cahaya matahari terbit memiliki variasi cahaya yang paling banyak sepanjang hari. Saat matahari terbit cahaya memiliki semburat merah muda, yang cepat berubah menjadi lebih biru sejalan dengan semakin siangnya hari.

Ruangan yang mendapatkan cahaya matahari pagi

Ruangan yang mendapat cahaya matahari terbit memiliki variasi cahaya yang paling banyak sepanjang hari. Saat matahari terbit cahaya memiliki semburat merah muda, yang cepat berubah menjadi lebih biru sejalan dengan semakin siangnya hari. Kemudian ruangan tersebut menjadi semakin teduh sejalan dengan bergeraknya matahari.

Agar ruangan Anda terlihat bagus sepanjang hari, cat dinding yang ada dengan warna biru pucat atau hijau - ruangan akan terlihat hidup di bawah sinar matahari pagi tapi masih akan terasa segar dan cerah di sore hari.

Cat yang mana? Cobalah Finnish Blue, Quiet Blue atau Tranquil

Di ruangan yang umumnya hangat di siang hari, gunakan warna kuning cerah untuk menciptakan ruangan yang terang menyambut pagi

Ruangan yang mendapatkan sinar matahari sore

Ruangan-ruangan ini biasanya lebih dingin di pagi hari dan kemudian menghangat di siang hari, jadi gunakan warna kuning cerah agar ruangan terasa terang menyambut pagi, atau warna dingin untuk tempat bersantai yang tenang di sore hari.

Abu-abu pucat adalah warna yang cocok untuk ruangan ini. Selama Anda menghindari nuansa biru, warna ini akan terasa cukup hangat di pagi hari dan cukup cerah dan bercahaya di sore hari.

Cat yang mana? Cobalah Prairie Grass, Elise atau Picton.

Warna oranye terbakar dan warna emas yang kaya akan menghangatkan ruangan yang hanya sedikit mendapat sinar matahari, begitu juga warna-warna netral dengan nuansa merah lembut

Ruangan yang tidak banyak mendapatkan cahaya alami

Ruangan yang tidak banyak mendapatkan sinar matahari berisiko terasa lebih dingin, sehingga menggunakan warna-warna yang hangat agar ruangan tidak terasa terlalu dingin merupakan ide yang sangat bagus. Warna oranye terbakar dan warna emas yang kaya akan menghangatkan ruangan, begitu juga warna-warna netral dengan nada merah.

Cat yang mana? Cobalah Sun Kiss, Luminary Yellow atau Rich Burgundy.

Cara ruangan terlihat, di siang hari atau di malam hari, dengan cahaya alami atau cahaya buatan semuanya berperan penting dalam bagaimana warna akan terlihat pada dinding Anda.

Ruangan yang diterangi oleh cahaya buatan

  1. Bola lampu berwarna kuning dan lilin akan sangat cocok dengan warna-warna hangat seperti merah dan oranye. Itulah sebabnya mengapa warna merah adalah suatu pilihan yang populer untuk ruang makan, ruang TV dan ruang lain yang cenderung digunakan di malam hari.

  2. Bola lampu berwarna putih mengeluarkan cahaya yang lebih mirip dengan cahaya di siang hari, cahaya ini membuat pilihan warna Anda lebih fleksibel - Anda dapat menggunakan warna-warna pucat atau terang sesuai keinginan Anda dan warna-warna tersebut akan terlihat bagus.

  3. Lampu LED cenderung mengeluarkan cahaya kebiruan, yang dapat Anda padukan dengan warna pastel dingin untuk tampilan yang kontemporer, atau dengan warna kuning hangat.

Tips terbaik

Setelah Anda memilih warna, tes warna tersebut di ruangan Anda dengan mengecatnya pada selembar kertas A4, atau langsung pada dinding, untuk melihat tampilannya pada waktu yang berbeda di bawah jenis cahaya yang berbeda pula.

Cat yang mana? Cobalah Drum Beat untuk bola lampu kuning, Lincoln Green untuk bola lampu putih dan Tudor Rose atau Prairie Grass untuk lampu LED.