Setiap tahun, Dulux memilih 1 Warna Colour of the year, suatu warna yang kami yakini merangkum suasana hati dan tren di tahun mendatang.

Warna ini tidak didapat begitu saja. Dulux UK bahkan memiliki tim yang mendalami warna secara khusus yang melakukan diskusi selama beberapa minggu sebelum mengambil keputusan. Semuanya dimulai pada bulan September, dan pada saat itu para pakar desain kami yang menghayati warna mengundang pakar independen dari bidang interior, industri, produk, fesyen dan desain arsitektur untuk mendiskusikan berbagai tren utama selama delapan belas bulan ke depan.

Setelah tim kami memilih warna dan tren utama mereka, sekitar dua puluh pakar warna senior Dulux dari seluruh dunia akan berdiskusi kembali selama tiga hari untuk menajamkan konsep tren mereka yang luas ke dalam satu gagasan tren yang dominan, lima cerita tren, palet warna dan colour of the year.

Suatu frasa yang senantiasa mengemuka selama workshop adalah 'efek Zeitgeist', yang artinya bahwa setiap orang terlihat membicarakan hal yang sama atau mendesain menggunakan materi dan warna yang sama dalam benak mereka. Dengan mengacu kepada efek Zeitgeist, para pakar warna kami menangkap mood pada momen tersebut, dan inilah bagian penting dari proses prediksi warna.

Setelah berdiskusi, para ahli prediksi warna akan membuat konsep atau 'mood board' (suasana hati), yang membantu mereka menyusun ide mengenai makna masing-masing tren. Selanjutnya, tim memulai proses pemotretan untuk setiap tren. "Kami bekerja dengan beberapa fotografer dan penata gaya setiap tahun," tutur Louise Smith, salah satu tim perancang warna global senior. "Dengan begitu foto-foto akan senantiasa terlihat segar serta memastikan agar masing masing tampil berbeda dan unik.

Setelah para fotografer, penata gaya dan pakar dekorasi menyelesaikan pekerjaan mereka, para pakar prediksi warna kami akan memverbalkan kualitas dan dimensi masing-masing tren. Silakan baca di www.colourfutures.com dan kemukakan pendapat Anda.