“Salah satu keuntungan penggunaan warna-warna yang lembut adalah perhatian dapat lebih difokuskan pada tekstur,“ kata Willeke Jongejan, Senior Color Designer di Global Aesthetic Center. Material natural sangat cocok untuk palet ini, sehingga serat kayu atau detail bata ekspos dapat dipamerkan. Bereksperimenlah dengan material yang mirip dalam penggunaan furnitur Anda: warna dan tekstur kulit, wol dan furnitur kayu asli dapat terlihat menonjol dalam suasana netral seperti ini.

Tambahkan sentuhan mengkilap

Coba padukan tampilan akhir gloss (kilap) dengan matt untuk memberi tekstur pada dinding dengan dua warna senada.

“Cobalah mengombinasikan detail mengkilap pada dinding matt, sehingga permukaannya dapat berubah sepanjang hari sesuai pancaran cahaya yang mengenainya,“ kata Willeke. Penggunaan warna-warna lembut dan proporsi warna, dipadukan dengan variasi sentuhan akhir gloss dan matt, akan menambah sedikit kejutan pada ruangan manapun. Benda-benda dekoratif bertekstur lembut seperti linen dan karpet juga dapat menambahkan sedikit kontras.

Cat yang mana?

ON.00.81 / 08GG72/006
E4.05.65 / 96YR46/065
S0.10.50 / 87BG27/077

Pertahankan keeleganan

Ciptakan pola grafis melalui dinding dengan dua warna senada.

“Masa-masa penggunaan produk secara berlebihan semakin berkurang dengan sendirinya,’ kata Willeke. Kita meninggalkan pola konsumerisme tradisional ke arah pendekatan yang lebih sederhana dalam hal pilihan barang yang kita miliki dan dekorasi rumah kita. Pendekatan ‘seadanya’ untuk desain interior diawali dengan definisi baru tentang kemewahan – yaitu kemewahan yang berupa ruang dan waktu. Daripada membanjiri pancaindra, kita justru memberinya sedikit keleluasaan dengan palet warna lembut yang menenangkan.

Cat yang mana?

TN.02.84 / 17BB79/028
S0.10.50 / 87BG27/077

Kesan sentuhan

Dengan menggunakan skema warna pudar, Anda akan membuat obyek terlihat menonjol dan terapresiasi.

Dengan pendekatan sederhana dan apa adanya, Anda dapat menciptakan sentuhan personal pada setiap ruangan dengan menambahkan aksesori dalam material berbeda-beda, dengan menonjolkan teksturnya. “Pikirkan bagaimana semua hal dirasakan dengan sentuhan,“ kata Willeke. Dengan hanya sedikit variasi warna, obyek di ruangan memainkan peran utama dalam menciptakan perbedaan.

Anda juga dapat bereksperimen dengan mengecat beberapa bagian furnitur dan membiarkan bagian lainnya apa adanya. Mulailah dengan memilih beberapa kursi di dalam ruangan untuk dicat dan jika Anda cukup berani, Anda bahkan bisa mengecat setengah bagian kursi, sehingga ada kesan yang berubah dari halus ke kasar dalam satu obyek saja.

Cat yang mana?

S0.10.50 / 87BG27/077
ON.00.81 / 08GG72/006

Seni penyederhanaan

Unduh aplikasi Dulux Visualizer untuk melihat bagaimana nuansa sederhana dan terang dapat digunakan di rumah Anda.