"Pindah rumah telah mengilhami saya untuk lebih berani menggunakan palet warna, tapi saya masih belum yakin untuk memilih warna yang lebih gelap"

Dalam survei global kami baru-baru ini, lebih dari 33% dari orang yang pindah rumah mengaku mereka senang menggunakan warna-warna cerah di rumah baru mereka, sementara 13% di antaranya menyatakan bahwa mereka ingin mengecat dinding rumah mereka dengan warna hitam!

Memilih warna dari spektrum yang lebih gelap adalah cara cepat dan mudah untuk menambahkan kepribadian ke rumah baru Anda: menciptakan nuansa berkelas tanpa label harga desainer yang mahal.

Tapi ketika tiba saatnya untuk benar-benar membeli cat, banyak dari kita yang cenderung menghindar dari warna gelap karena kita tidak yakin bagaimana menggunakannya.

Di sini, kita akan menghilangkan prasangka mitos warna populer dan kami akan jelaskan pada Anda mengapa Anda harus mempertimbangkan warna gelap.

Beberapa warna gelap - seperti biru donker - sebenarnya bersifat resesif, yang berarti mereka akan menambah kedalaman ruangan dan membuat ruangan terasa lebih luas

1) Membuat ruangan terasa lebih luas

Merupakan hal wajar untuk menggunakan warna putih ketika Anda mencoba untuk membuat ruangan yang kecil dan gelap terasa lebih besar. Kita dikondisikan untuk percaya bahwa warna gelap akan membuat ruangan terasa lebih tertutup.

Tetapi, beberapa warna gelap - seperti biru donker - sebenarnya bersifat resesif, artinya warna-warna ini akan menambah kedalaman ruangan dan membuat ruangan terasa lebih luas.

Cat yang mana? Signature Blue, Arctic Night

Memilih skema warna yang lebih gelap adalah cara yang bagus untuk membuat ruangan langsung terasa lebih nyaman dan intim. Warna merah yang kaya atau nuansa cokelat cenderung menarik dinding mendekat ke arah Anda.

2) Buat skema yang nyaman

Memilih skema warna yang lebih gelap adalah cara yang bagus untuk membuat ruangan langsung terasa lebih nyaman dan intim.

Pertimbangkan untuk menggunakan warna merah yang kaya atau nuansa cokelat yang cenderung untuk menarik dinding mendekat ke arah Anda, dan akan membuat ruangan yang besar langsung terasa lebih hangat.

Cat yang mana? Wildflower, Rich Burgundy, Whistling Dixie

Perabotan kayu berwarna pucat yang kontras dengan dinding gelap adalah cara cerdas untuk menciptakan ilusi ruang di rumah Anda

3) Ciptakan ruangan yang luas dengan ilusi optik

Mengecat bagian kayu - seperti papan lis dan kosen pintu - atau ceruk-ceruk dengan rona gelap adalah cara cerdas lain untuk menciptakan ilusi ruang di rumah Anda.

Warna biru gelap yang mewah akan terlihat segar dan bersih bila dipadukan dengan dinding yang berwarna lebih terang, sementara rona kopi akan cocok dengan palet yang lebih netral.

Cat yang mana? Prelude Blue, Noble Blue, Pure Orchid

Skema warna yang gelap dan berani akan segera menambahkan kesan dramatis dan keanggunan ke rumah baru Anda. Warna abu-abu arang yang gelap adalah pilihan fleksibel yang akan terlihat cocok dengan apa saja.

4) Tambahkan kesan dramatis

Skema warna yang gelap dan berani akan segera menambahkan kesan dramatis dan keanggunan ke rumah baru Anda. Warna abu-abu arang yang gelap adalah pilihan fleksibel yang akan terlihat cocok dengan apa saja.

Jika Anda tidak yakin dari mana harus memulai, unduh applikasi Visualizer kami dari Dulux ke smartphone atau tablet Anda untuk membantu Anda membuat keputusan.

Cukup dengan mengarahkan aplikasi Visualizer ke dinding yang ingin Anda cat, pilih warna dari palet Dulux dan tekan layar untuk melihat langsung bagaimana ruangan Anda akan terlihat.

Cat yang mana? Contentment, Seal Grey

Tips terbaik

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan warna gelap pada dinding, pilih aksesori berwarna cerah untuk rumah Anda yang akan terlihat sangat bagus bila dipadukan dengan nuansa yang lebih lembut.