“Bagaimana cara menciptakan kamar bayi yang ramah lingkungan dan penuh gaya?”

Keluarga yang memperhatikan lingkungan seringkali khawatir tentang pengaruh kehadiran anggota baru keluarga mereka terhadap lingkungan. Popok seperti apa yang akan dipakai? Mainan seperti apa yang harus mereka beli? Dan bagaimana sebaiknya mereka mendekorasi kamar bayi yang tidak akan berpengaruh buruk pada bayi dan juga planet bumi.

Lebih dari setengah dari sejumlah orang tua yang diwawancara di survei Dulux mengatakan bahwa mereka ingin mengecek informasi keamanan untuk anak pada produk sebelum mereka mulai mendekorasi. Tetapi lebih dari 3/4 orang tua juga berpendapat bahwa estetika adalah prioritas utama dalam skema kamar bayi mereka.

Tips terbaik berikut akan membuat kamar bayi Anda ramah lingkungan dan memberikan bayi Anda awal kehidupan yang bersih dan sehat – tanpa mengorbankan gaya.

Salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk memastikan kamar sama-sama aman untuk bayi Anda dan lingkungan adalah dengan memilih cat berbahan dasar air yang rendah VOC (bahan kimia berbahaya pada cat).

1. Pilih cat berbahan dasar air

Salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk memastikan bahwa kamar bayi Anda bersahabat bagi bayi dan lingkungan adalah dengan memilih cat berbahan dasar air yang rendah VOC – ‘volatile organic compounds’ yang seringkali muncul dari industri petrokimia yang berbahaya.

Seluruh cat interior Dulux berbahan dasar air, sehingga bersahabat bagi lingkungan. Cat rendah toksin dalam warna-warna yang Anda inginkan.

Untuk urusan mengecat, sebaiknya selesaikan beberapa minggu sebelum bayi Anda menempati kamarnya sehingga ruangan tersebut sudah terbebas dari bau.

Cat yang mana?

Jika cat yang Anda gunakan tersisa, pastikan Anda menyimpannya dengan benar untuk digunakan lagi nanti - jauhkan dari sinar matahari langsung dan simpan pada suhu ruangan normal.

2. Beli cat seperlunya

Kalkulator cat online kami memudahkan Anda menentukan jumlah cat yang dibutuhkan dengan tepat. Menggunakan cat seperlunya tidak hanya membantu Anda melakukan penghematan, tetapi Anda juga ikut mengambil peran dalam melindungi bumi

Tetapi jika ternyata cat yang Anda gunakan tersisa, pastikan Anda menyimpannya dengan benar untuk digunakan lagi nantinya (jauhkan dari sinar matahari langsung dan simpan pada suhu ruangan normal) atau sumbangkan kepada tetangga atau teman, atau pihak lain yang membutuhkan – jangan dibuang di saluran air atau tempat sampah.

Mendesain kamar yang cocok dengan pertumbuhan anak Anda, berapa pun usia mereka, akan membuat Anda hemat dalam jangka waktu yang lama dan juga Anda tidak perlu terus menerus mengganti perabot dan mainannya.

3. Ciptakan ruangan yang tak lekang oleh zaman

Kamar bayi tidak akan selamanya menjadi kamar bayi. Mendesain kamar yang cocok dengan pertumbuhan anak Anda, berapa pun usia mereka, akan membuat Anda hemat dalam jangka waktu yang lama dan juga Anda tidak perlu terus menerus mengganti perabot dan mainannya.

Sebelum Anda mulai mendekorasi, pikirkan bagaimana perabot yang Anda siapkan saat ini bisa berguna saat si kecil beranjak balita. Misalnya, daripada membeli meja khusus ganti popok, sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk meletakkan perlak di atas rak atau meja kecil. Dengan demikian, ketika si kecil tumbuh besar, Anda dapat melepas perlak tersebut dan menggunakan rak atau mejanya untuk menyimpan mainan dan buku mereka.

Sebelum membeli perabot baru, coba gunakan apa yang sudah Anda miliki. Punya rak buku atau meja rias yang tampak usang? Barangkali hanya perlu satu atau dua sapuan kuas cat untuk membuatnya tampak baru dan berguna untuk kamar bayi Anda.

4. Manfaatkan perabot tua

Sebelum membeli perabot baru, coba gunakan apa yang sudah Anda miliki. Punya rak buku atau meja rias yang tampak usang? Barangkali hanya perlu satu atau dua sapuan kuas cat untuk membuatnya tampak baru dan berguna untuk kamar bayi Anda.

Bukan hanya perabot saja yang bisa disulap seperti baru. Kotak kayu, peti harta karun dan bahkan pigura foto bisa diubah total dengan pulasan cat.

Daripada membuang uang untuk membeli karya seni atau mainan untuk menyemarakkan kamar bayi Anda, mengapa tidak ambil kuas dan buat sendiri karya seni versi Anda?

5. Beri kesempatan jiwa Picasso dalam diri Anda

Daripada membuang uang untuk membeli karya seni atau mainan untuk menyemarakkan kamar bayi Anda, mengapa tidak ambil kuas dan buat sendiri karya seni versi Anda?

Hal tersebut adalah cara yang cerdas untuk memanfaatkan sisa cat dan mengurangi konsumerisme, dan memberi Anda kesempatan untuk mempersonalisasi kamar bayi Anda tanpa merusak bumi dan dompet Anda tentunya.

Cat yang mana?
N3-Q7.15.76 / 50BG 72/170
B3-A8.07.78 / 90RR 63/139
L2-J8.12.80 / 50GY 77/195

Top tips

Gunakan cat berbahan dasar air pada pintu dan bagian-bagian kayu dalam ruangan, juga seluruh dinding untuk menjaga agar kamar bayi Anda sebersih dan sesehat mungkin.