“Saya sedang merencanakan kamar untuk bayi saya dan ingin mencoba saran dari pakar – terutama tentang cara menggunakan warna. Bisakah Anda membantu?”

Saat pakar warna Dulux Marieke menyadari dirinya sedang mengandung bayi perempuan, dia tahu dia menghadapi tantangan mendekorasi. Satu-satunya ruangan yang tersisa di rumahnya berukuran kecil dan tidak memiliki pencahayaan alami yang cukup.

Sebagai pakar warna, dia memahami pentingnya warna dan corak untuk perkembangan bayi, sehingga menggabungkan nuansa warna cerah tanpa terlihat berlebihan adalah prioritas utamanya.

Dia juga ingin menggunakan aksesori secara pintar dan menggunakan solusi penyimpanan yang cerdas untuk menciptakan ilusi dan membuat ruangan terlihat lebih luas.

Marieke menjelaskan bagaimana dia mendesain kamar bayi yang sempurna untuk bayi perempuannya:

Warna kuning tua akan memberikan kehangatan dan memancarkan kecerahan saat terkena cahaya.

Skema cerah

Skema warna kamar bayinya adalah putih, kuning tua dan merah muda. Untuk menciptakan skema ini, pertama-tama saya memilih warna kuning lembut yang hangat sebagai pusat perhatian di kamar bayi. Ruangan tersebut mungkin kecil tetapi warna kuning menangkap cahaya matahari setiap pagi, sehingga memancarkan nuansa yang cerah dan hangat di seluruh ruangan.

Kemudian saya memasangkannya dengan merah muda yang lembut dengan sedikit sentuhan merah – hal ini membantu ruangan terasa modern, sekaligus membangkitkan nuansa manis. Warna kuning dan merah muda keduanya adalah warna-warna hangat dan jika dipadukan terlihat luar biasa.

Cat yang mana?

H10- F6. 42.60 / 50YY 42/490
A15- A0.05.75 / 70RR 67/092
S16-CN.00.85 / 90RR 83/009

Tanaman memberikan kesan bersahabat, segar, dan sentuhan manusiawi pada hampir setiap ruangan.

Pengaruh tanaman

Saya suka menghadirkan banyak tanaman di dalam rumah. Bagi saya, hal tersebut memberikan kesan bersahabat, segar, dan sentuhan manusiawi pada ruangan.

Kamar bayi kami cukup kecil jadi saya memutuskan untuk membeli satu tanaman berukuran besar dan menjadikannya pusat perhatian. Saya meletakkannya di samping kursi di sisi dinding warna kuning, karena hijau dan kuning terlihat bagus saat dipadukan - keduanya adalah warna alami dan saling melengkapi satu sama lain dengan indah.

Lemari warna putih dan satu set rak gantung adalah tempat yang sempurna untuk menyimpan popok dan perlengkapan bayi lainnya.

Penyimpanan cerdas

Terbatasnya ruangan penyimpanan membuat kami harus memanfaatkan ruangan yang ada dengan sebaik-baiknya. Artinya, kami hanya mengisi ruangan dengan hal-hal terpenting. Kami memutuskan untuk menggunakan lemari putih dan satu set rak gantung untuk menyimpan popok dan perlengkapan bayi lainnya, ditambah beberapa buku favoritnya.

Kami mengecat lemari dan rak dengan warna putih dan meletakkannya di sisi dinding yang berwarna putih. Lemari putih dan dinding putih membaur dengan baik sehingga menipu mata untuk berpikir bahwa ruangan tersebut lebih besar dari ukuran sebenarnya.

Dengan menyandarkan cermin besar di dinding, Anda memberikan kesan bahwa ruangan tersebut terlihat lebih besar dan melebar setinggi kepala.

Keajaiban cermin

Di sisi dinding putih lainnya, kami meletakkan lemari pakaian dengan cermin besar yang menutupi hampir seluruh bagian dinding. Cermin adalah cara cerdas untuk menciptakan ilusi ruangan, dan karena cermin merefleksi dan memantulkan cahaya ke seluruh ruangan, ruangan Anda akan terlihat dua kali lebih luas.

Dengan menyandarkan cermin besar di dinding, misalnya, Anda memberikan kesan bahwa ruangan tersebut terlihat lebih besar dan melebar setinggi kepala. Ditambah lagi, bayi cenderung takjub melihat cermin!

Pilih beberapa aksesori yang akan menambahkan daya tarik pada skema.

Sentuhan akhir

Perabot yang kami beli adalah perabot dasar, sederhana, dan berwarna putih, karena kami menginginkan dinding kuning sebagai juara di ruangan. Kami memilih bahan berwarna abu-abu dan pirus untuk ranjang bayi dan kursi untuk mengimbangi nuansa hangat pada dinding merah muda dan kuning. Warna hijau dan abu-abu benar-benar terlihat mencolok pada dinding kuning.

Kami meletakkan ranjang bayi di tengah ruangan untuk membuat kamar bayi terasa lebih luas. Kami dapat berjalan di sekeliling ruangan dan Mina juga bisa melihat-lihat ruangan di sekelilingnya. Untuk menjadikannya lebih nyaman lagi, kami menggantungkan jaring anti nyamuk di sekitar ranjang bayi – hal ini membantu si kecil tidur lebih pulas.

Top tips

Saat menggunakan dua warna hangat, seperti kuning dan merah muda, tambahkan warna putih untuk menyeimbangkan ruangan dan memberikan sentuhan bercahaya pada ruangan Anda.