"Kami sedang menunggu kelahiran anak pertama kami dan kami perlu menyiapkan ruangan agar dapat berfungsi sebagai kamar bayi dan ruang tamu. Bagaimana cara kami dapat mengoptimalkan fungsi ruang yang kami miliki?"

Dengan ruangan luas yang dimiliki oleh sebagian besar rumah dan apartemen modern, cara Anda membagi ruangan dan menggunakannya, dapat memberi dampak yang sangat besar pada kehidupan Anda di rumah.

Jika Anda beruntung karena masih memiliki ruangan yang bisa dimanfaatkan, mungkin Anda tidak bisa mengubahnya menjadi kamar bayi saja jika Anda menggunakannya untuk kepentingan yang lain juga.

Sebuah kamar dengan dua fungsi, sebagai kamar bayi juga kamar tidur ini memerlukan sedikit perencanaan dan sentuhan warna cat yang matang. Tetapi jika Anda melakukannya dengan benar, Anda akan memiliki ruang yang sempurna untuk kakek-nenek di saat mereka sedang datang berkunjung dan sebuah ruang yang nyaman untuk menjaga buah hati Anda tetap riang.

Sebuah palet netral yang berkesan modern adalah permulaan yang bagus untuk kamar tidur, terutama jika ada kepentingan untuk memenuhi kebutuhan kelompok usia yang berbeda.

1. Wilayah netral

Sebuah palet netral yang berkesan modern adalah permulaan yang bagus untuk kamar tidur, terutama jika ada kepentingan untuk memenuhi kebutuhan kelompok usia yang berbeda.

Jika ruangan yang tersisa tidak cukup luas, dekorasilah dengan nuansa yang tenang. Warna-warna pucat seperti warna dari tiram dan baja akan menjaga suasana yang cerah dan sejuk, sangat cocok jika Anda perlu menyesuaikannya dengan tempat tidur dan ranjang bayi.

Untuk menciptakan perasaan yang akrab dan lebih nyaman, pilihlah warna netral serbaguna yang hangat di ujung sisi akhir pada spektrum warna seperti warna biji kakao, kastanye atau batu pasir.

Cat yang mana?

T5- F2.14.66 / 30YY 50/176
T13- E4.05.65 / 90YR 48/062
T12- E4.05.55 / 10YY 27/060
T11- E4.05.45 / 30YY 22/059

Warna-warna lembut akan membantu Anda menciptakan skema unik yang berkarakter manis serta modern.

2. Manisnya pastel

Jika Anda menginginkan kamar bayi dengan gaya konvensional namun masih ingin menciptakan ruang di mana kakek-nenek tetap merasa disambut dengan baik, mengapa tidak mengganti warna merah muda dan biru muda dengan palet warna yang lebih dewasa?

Pikirkan warna-warni gelato yang elegan seperti warna dari aprikot, kismis, lavender, dan mint. Kompromi yang sempurna antara rasa manis dan modern, warna-warna lembut tersebut akan membantu Anda menciptakan skema unik yang tidak hanya memiliki karakter cantik tapi juga tentunya modern.

Cat yang mana?

B2- A6.04.83 / 64RR 80/073
T14- E4.05.76 / 00YY 65/060

Corak garis-garis yang tebal di sisi ranjang bayi Anda akan terlihat sangat menarik, terutama dengan warna-warna netral hangat atau pastel.

3. Pisahkan dan taklukkan

Jika Anda tertarik untuk mempertegas perbedaan ruang di sebuah kamar, pertimbangkan untuk menonjolkan satu dinding di sisi ranjang bayi atau di bagian atas tempat tidur.

Corak belang yang tebal di samping ranjang bayi Anda akan terlihat sangat menarik, terutama dalam warna-warna netral hangat atau pastel. Ini juga merupakan cara yang tepat untuk menambahkan sesuatu yang menarik perhatian di sisi ruangan ini tanpa terlalu menonjolkan sisi kekanak-kanakan pada skema tersebut.

Untuk tampilan gaya ala desainer yang berani di sisi bagian ruangan dewasa, ciptakan efek warna cat ombre pada satu sisi dinding menggunakan warna pastel kesukaan Anda. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan warna kupu-kupu kuning pucat serta warna lemon yang tajam dan berani untuk menimbulkan kesan kontras yang ceria.

Cat yang mana?

U16- FN.01.85 / 40YY 83/021
T15- EN.02.85 / 99YR 82/029
S14- D4.04.71 / 60YR 56/049

Untuk menghindari ruang yang dipenuhi oleh popok dan losion, alangkah baiknya Anda gunakan kotak penyimpanan fleksibel yang dapat dengan mudah dipindah dan disimpan di tempat tertentu, seperti di bawah ranjang bayi atau ranjang sofa.

5. Gunakan ruangan Anda dengan bijak

Jika Anda kesulitan untuk menempatkan barang-barang yang ada, mungkin inilah saatnya Anda mempertimbangkan tentang perabot. Jika Anda telah menggunakan ranjang ganda, ada baiknya Anda menggantinya dengan kasur matras lipat atau kasur sofa yang dapat digunakan untuk tempat duduk dan menyuapi si kecil.

Bayi mungkin memang kecil tapi mereka membutuhkan banyak perlengkapan yang perlu ditempatkan di area yang masih terjangkau oleh tangan. Untuk menghindari ruangan dipenuhi oleh popok dan losion, alangkah baiknya Anda gunakan kotak penyimpanan fleksibel yang dapat dengan mudah dipindah dan disimpan di tempat tertentu, seperti di bawah ranjang bayi.

Sebuah tirai di sekeliling ranjang bayi yang digantungkan dari plafon merupakan cara yang mudah untuk menciptakan ruang privasi yang fleksibel untuk si buah hati dan juga untuk tamu.

6. Pasang tirai

Sebuah tirai di sekeliling ranjang bayi atau tirai lipat merupakan solusi mudah untuk menciptakan ruangan buatan dan menciptakan ilusi ruang terpisah.

Top tips

Hiasi skema netral dengan beberapa tanaman pot yang mudah dirawat dan beberapa bingkai foto. Sebuah dinding berisi potret keluarga merupakan cara yang sangat bagus untuk mempersonalisasi ruangan dan dapat pula digunakan untuk foto-foto terbaru dari perkembangan si buah hati.