Ketahui roda warna Anda

Memahami bagaimana warna bekerja adalah cara yang baik untuk memulai petualangan dekorasi Anda - yang Anda butuhkan hanyalah sebuah colour wheel.

Colour wheel adalah cara yang berguna untuk mengatur warna utama dan dapat membantu Anda dalam menyusun skema dekorasi untuk setiap ruangan atau proyek.

Ada tiga kategori warna utama:

Warna primer terdiri dari warna merah, kuning dan biru. Warna-warna ini adalah tiga warna dasar pembuatan semua warna lainnya.

Warna sekunder terdiri dari oranye, ungu dan hijau. Masing-masing warna ini dibuat dengan menggabungkan dua warna primer. Jadi, gabungan merah dan kuning menghasilkan oranye, biru dan merah menghasilkan ungu, sementara biru dan kuning menghasilkan hijau.

Warna tersier dibuat dengan mencampur warna primer dengan warna sekunder, atau dengan mencampur dua warna sekunder bersama-sama. Contohnya adalah chartreuse (kuning dan hijau) dan magenta (ungu dan merah).

Ciptakan skema warna Anda

Setelah Anda memiliki roda dengan warna-warna dasar ini, ada tiga jenis skema dekorasi utama yang dapat Anda buat menggunakan kombinasi tiga warna yang aman:

Skema warna monokromatis atau toning skema menggunakan satu nuansa warna dalam berbagai gradasi. Skema ini bekerja baik di dalam ruangan tempat Anda ingin menciptakan suasana yang tenang dan damai. Cobalah mengecat plafon Anda dengan warna biru yang yang terang, dinding dengan warna biru yang sedikit lebih gelap dan perabotan kayu dengan warna biru navy.

Skema harmonis atau analog skema menggunakan warna-warna yang saling berdampingan pada roda warna. Gabungan warna ini bekerja dengan indah dalam suatu skema ruangan. Campur biru dengan ungu, atau oranye dengan merah.

Skema warna komplementer atau warna kontras skema menggunakan gradasi warna yang saling berlawanan pada roda warna. Gabungan warna ini selalu terlihat baik, meskipun sebenarnya mereka saling berlawanan. Skema ini memberikan sebuah interaksi warna yang menarik dan, bergantung pada kekuatan warna yang Anda pilih, tampilan yang Anda ciptakan dapat terkesan riang hingga dinamis. Sebagai contoh, warna biru terlihat kuat bila dipadukan dengan oranye dan warna kuning bekerja dengan sangat baik dengan warna ungu.

Setelah Anda memahami colour wheel dan menguasai aturan dasar ini, Anda dapat melakukan eksperimen dengan berbagai kombinasi warna dan menyusun skema warna yang menakjubkan dengan penuh percaya diri.

Warna unggulan