“Bayi kami akan lahir beberapa bulan lagi, tetapi kami tidak punya ruangan lagi untuk membuat kamar bayi secara terpisah. Bagaimana kami bisa membuat tempat yang istimewa untuk bayi kami tanpa pindah ke rumah yang lebih besar?”

Keinginan untuk menyiapkan ruangan yang nyaman saat menyambut kehadiran bayi bisa muncul dengan kuat. Tetapi Anda tidak perlu pindah ke rumah yang lebih besar, atau bahkan tidak perlu mendekorasi seluruh ruangan untuk menciptakan tempat yang istimewa sebagai tempat istirahat si kecil.

Faktanya, berdasarkan penelitian Dulux, lebih dari 17% orang tua mengubah sudut di kamar tidur mereka menjadi ruang untuk bayi jika mereka tidak memliki ruangan lagi, dan satu dari sepuluh orang tua yang sudah memiliki anak, mengatur agar anak dan bayi yang baru lahir berbagi kamar.

Butuh bantuan? Tips dekorasi cerdas dari kami akan membantu Anda mewujudkan sudut nyaman yang akan disukai bayi Anda:

Garis-garis horizontal besar dalam nuansa warna hijau yang berbeda-beda adalah pilihan yang tidak akan pernah terlihat ketinggalan zaman, dan sama-sama cocok untuk anak laki-laki dan perempuan di segala usia.

Berbagi dengan saudara kandung

Jika bayi Anda akan berbagi kamar dengan kakaknya, bermain-mainlah dengan warna-warna dan corak yang berbeda untuk mendapatkan tampilan yang tidak akan pernah ketinggalan zaman, dan akan disukai oleh anak-anak Anda hingga mereka tumbuh besar.

Garis-garis horizontal besar dalam nuansa warna hijau yang berbeda-beda adalah pilihan yang sama-sama cocok untuk anak laki-laki dan perempuan di segala usia, sementara garis warna-warni yang mencolok adalah pilihan tepat untuk saudara kandung yang sedikit lebih besar.

Sebagai alternatif, ciptakan area tidur yang terlihat jelas terpisah dengan menggunakan corak atau warna di setiap bagian ruangan. Dinding polkadot dengan beberapa warna pastel akan menambah daya tarik area bayi tanpa menstimulasi si kecil dengan berlebihan, sedangkan warna yang lebih cerah cocok untuk balita atau anak yang lebih besar.

Cat yang mana?

N9.10.70 / 90GG 57/146
H3.04.72 / 10GY 56/073
M6.05.84 / 30GG 83/075

Setelah menyiapkan tempat untuk ranjang bayi, pilihlah warna kontras yang akan membantu menegaskan area bayi dari bagian kamar tidur lainnya.

Mengecat sudut yang nyaman untuk bayi

Jika Anda tinggal di apartemen satu kamar, area khusus bayi adalah cara tepat untuk memanfaatkan sudut atau area kosong yang tidak terpakai untuk memberikan tempat tidur yang nyaman untuk bayi Anda.

Pertama-tama, bereskan kekacauan di kamar Anda sehingga Anda dapat melakukan perkiraan hal-hal yang perlu Anda lakukan dengan tepat. Apakah memungkinkan untuk mendorong ranjang hingga menempel dinding? Bisakah Anda mengganti lemari kaca dengan rak dinding?

Setelah menyiapkan tempat untuk ranjang bayi, pilihlah warna kontras yang akan membantu menegaskan area bayi dari bagian kamar tidur lainnya.

Trik bagus yang bisa Anda coba adalah menggunakan nuansa warna netral yang hangat seperti cokelat muda untuk area dewasa dalam kamar, dan warna cerah yang serasi untuk dinding di bagian Anda meletakkan ranjang bayi. Ungu muda adalah warna yang mudah dipadupadankan yang akan membantu menenangkan bayi Anda, sekaligus menambahkan kesan sophisticated pada skema.

Satukan tampilan ruangan dengan memilih rak dinding dengan nuansa warna yang sama dengan warna dinding area bayi.

Cat yang mana?

F3 – F1.14.84 / 25YY 78/232

Untuk tampilan yang terlihat menyatu, pilih rak dan lemari dengan warna yang serasi dengan sudut yang Anda siapkan untuk si kecil. Pilih material yang kuat dan mudah dibersihkan untuk mengantisipasi percikan atau sesuatu yang tumpah secara tidak terduga.

Cara cerdas bermain dengan tempat penyimpanan

Dengan tempat yang terbatas, Anda perlu memanfaatkan setiap sudut dan celah di rumah Anda, jadi usahakan untuk sesedikit mungkin membeli perabotan baru.

Daripada menggunakan meja penyimpanan khusus, pertimbangkan untuk mengubah fungsi rak atau lemari pakaian sebagai tempat menyimpan keperluan bayi Anda. Atau letakkan perlak bayi di atas laci sehingga Anda memaksimalkan fungsinya sebagai meja ganti popok dan tempat penyimpanan sekaligus.

Untuk tampilan yang terlihat menyatu, pilih rak dan lemari dengan warna yang serasi dengan sudut yang Anda siapkan untuk si kecil. Pilih material yang kuat dan mudah dibersihkan untuk mengantisipasi percikan atau sesuatu yang tumpah secara tidak terduga.

Cat yang mana?

F7 – E4.54.65 / 97YR 44/642
L6 – K9.60.43 / 90GY 21/472

Top tips

Jika Anda tidak yakin warna apa yang harus dipilih, unduh Dulux Visualizerhttps://www.dulux.co.id/id/artikel/duluxvisualizerdi ponsel pintar atau iPhone untuk langsung melihat tampilan ruangan Anda setelah didekorasi.

Cukup arahkan aplikasi ke dinding yang ingin Anda cat, pilih warna dari palet Dulux, tekan layarnya dan voila!