“Saya akan mengecat dinding Anda. Bagaimana agar saya yakin bahwa saya melakukannya dengan benar”

Sapuan cat adalah cara yang mudah dan terjangkau untuk memberikan perubahan instan pada sebuah ruangan tetapi, berdasarkan survei Dulux, sekitar satu dari 10 orang mengatakan mereka tidak jadi mendekorasi karena tidak tahu harus mulai dari mana.

Daftar tips dekorasi kami yang praktis membekali Anda dengan semua alat dan trik yang Anda butuhkan untuk mendapatkan tampilan akhir yang profesional – baik itu untuk Anda yang baru pertama kali mengecat atau sudah terbiasa mendekorasi ulang.

Anda akan membutuhkan berbagai alat yang berbeda sebelum mulai mengecat.

Anda akan membutuhkan

  • Satu kaleng cat dengan warna pilihan Anda
  • Rol cat busa dan nampan
  • Kuas cat – satu ukuran sedang, satu kecil
  • Tongkat pengaduk
  • Pita penutup
  • Kain penutup atau lapisan plastik (untuk menutupi furnitur dan pernak-pernik)
  • Kain penyerap (untuk membersihkan debu dari dinding dan menghapus percikan)
  • Tangga (untuk menjangkau area-area yang sulit dijangkau)
  • Spiritus (untuk menghapus tetesan cat)
Aplikasi Dulux Visualizer membantu Anda untuk mencoba berbagai warna cat sebelum Anda memegang kuas

1. Pilih cat Anda

Warna dinding Anda memberi pengaruh besar pada tampilan keseluruhan ruangan, jadi sangat penting untuk memilih dengan benar. Jika Anda sulit menentukan pilihan, aplikasi Dulux Visualizer memberi Anda penampilan digital instan dari warna dinding Anda, sehingga Anda dapat mencoba berbagai warna sebelum memilih untuk dicat.

Sesudah Anda menemukan nuansa yang tepat, Anda dapat menggunakan kalkulator cat Dulux untuk menentukan dengan tepat jumlah cat yang perlu Anda beli.

Tutupi stopkontak, kusen jendela, coving, bagian-bagian pintu, dan apapun yang tidak ingin Anda cat dengan masking tape.

2. Siapkan masking tape

Tutupi stopkontak, kusen jendela, coving, bagian-bagian pintu, dan apapun yang tidak ingin Anda cat dengan pita penutup. Pastikan Anda memasangnya dengan lurus dan rapi sehingga tepian cat Anda juga akan rapi.

Jika Anda tidak punya tempat untuk memindahkan seluruh furnitur dari ruangan, tutuplah dengan kain atau lapisan plastik.

3. Lindungi

Memindahkan seluruh furnitur sebenarnya adalah ide yang bagus, tetapi jika Anda tidak punya tempat yang cukup, tutuplah dengan kain pelindung atau lapisan plastik. Tas plastik dapat digunakan untuk melindungi benda-benda seperti fitting lampu.

Anda harus selalu meletakkan kain pelindung di bawah area tempat Anda mengecat, idealnya direkatkan. Tetesan cat punya kecenderungan untuk jatuh ke lantai tak peduli seberapa hati-hatinya Anda, jadi lebih baik mencegahnya sebelum terjadi.

Untuk mendapatkan hasil akhir yang benar-benar halus, penting untuk membersihkan debu dari dinding sebelum Anda mulai mengecat.

4. Bersihkan debu dari dinding Anda

Untuk mendapatkan hasil akhir yang benar-benar halus, penting untuk membersihkan debu dari dinding sebelum Anda mulai mengecat. Biasanya hanya perlu sekali sapu dengan kain kering. Perhatikan area sudut atas ruangan di mana biasanya terdapat sarang laba-laba.

Saat seperti ini juga adalah waktu yang baik untuk mengampelas tambalan yang tidak rata dan melepas paku atau baut bekas di dinding Anda, kemudian mengisi lubang bekasnya dengan filler serbaguna jika diperlukan.

Biarkan lapisan pertama kering kemudian jika diperlukan aplikasikan lapisan berikutnya. Anda mungkin akan memerlukan tiga lapisan jika Anda ingin mengubah warna secara drastis.

5. Mulai mengecat

Biasanya Anda tidak memerlukan primer untuk dinding yang sudah pernah dicat, jadi ini saatnya untuk membuka kaleng cat Anda.

Aduk cat Anda dengan tongkat pengaduk dan tuangkan ke nampan rol cat busa Anda. Gunakan kuas ukuran sedang untuk mengecat 10 cm bagian luar dinding Anda, hingga ke bagian tepi pita penutup. Gunakan rol cat busa untuk mengecat bagian-bagian sisanya. Kunci untuk mendapatkan hasil akhir yang halus dan rata adalah dengan tidak terlalu menekan kuas atau rol cat busa.

Biarkan lapisan pertama kering kemudian jika diperlukan aplikasikan lapisan berikutnya. Anda mungkin akan memerlukan tiga lapisan jika Anda ingin mengubah warna secara drastis.

Ketika cat Anda sudah hampir kering, lepaskan masking tape dengan hati-hati.

6. Lepaskan masking tape

Ketika cat Anda sudah hampir kering, lepaskan masking tape dengan hati-hati. Jika Anda menunggu hingga cat benar-benar kering, Anda akan berisiko mengelupas bagian cat dengan pita tersebut. Jika hal tersebut terjadi, Anda dapat menyempurnakannya ulang dengan kuas yang kecil.

Selesai! Seharusnya sekarang Anda sudah memiliki dinding dengan cat yang halus dan rata.

7. Mundurlah dan nikmati hasil kerja Anda

Selesai! Seharusnya sekarang Anda sudah memiliki dinding dengan cat halus dan rata yang siap menjadi latar belakang skema dekorasi Anda yang baru.

Top tips

Ketika menggunakan rol cat busa, mengecatlah dengan pola V atau W dibanding dengan pola naik turun atau dari satu sisi ke sisi lain. Hal tersebut akan memberi Anda hasil akhir yang rata dan tidak bergaris.