Memilih Warna yang Tak Lekang oleh Waktu?

Memilih Warna yang Tak Lekang oleh Waktu?

Memilih warna cat rumah merupakan sebuah tantangan bagi beberapa orang. Mungkin Anda menginginkan warna yang akan selalu in dan tak akan terlihat kuno hingga puluhan tahun ke depan. Ada beberapa warna yang memang dianggap sebagai warna 'abadi' dan akan selalu ada dalam majalah trend warna rumah seperti putih dan beige. Namun, beberapa paduan warna ini akan memberikan ide unik untuk memberikan warna yang akan selalu terlihat cantik, terlepas dari trend yang sedang ada.

Warna Tosca, Biru Kobalt, dan Biru Langit
Jika kita membahas tentang pilihan warna netral yang tak lekang oleh waktu, biru adalah salah satu kandidat terkuat. Memadukan beberapa rona biru seperti tosca, kobalt, dan biru langit akan menciptakan ruangan penuh warna, namun tidak terlalu mencolok sehingga memberikan kesan understated yang berkelas.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari perpaduan berbagai rona biru ini, Anda perlu menggunakan warna putih untuk plafon dan beberapa furnitur besar seperti sofa atau tempat tidur – tergantung di mana Anda ingin menggunakan paduan warna ini.

Karena warna biru bersifat menyerap cahaya, sebaiknya Anda menggunakan paduan warna ini pada ruangan dengan sumber cahaya alami agar ruangan tetap terasa segar dan luas. Apabila sumber cahaya alami tidak tersedia, pastikan Anda memiliki pencahayaan yang cukup agar ruangan tidak terasa gelap.

Abu-Abu, Putih Cream, dan Taupe
Warna abu-abu merupakan sebuah rona berkarakter yang bersifat netral dan tak pernah lekang oleh waktu. Anda dapat memadukan warna abu-abu, putih cream, dan warna taupe untuk menciptakan ruangan bernuansa natural dan santai. Paduan warna ini akan menciptakan suasana yang modern dengan sentuhan tradisional layaknya di pedesaan.

Agar mendapatkan hasil maksimal, gunakanlah furnitur dengan desain tradisional yang terbuat dari kayu atau bahan berwarna serupa. Pemilihan warna lantai juga dapat menambahkan estetika ruangan dengan warna ini.

Pada perpaduan ini, warna taupe berperan sebagai rona aksen yang memberikan variasi terhadap ruangan. Jadi, Anda dapat menggunakannya pada bagian-bagian pelengkap seperti tirai, karpet, atau bantal sofa.

Agar ruangan terasa semakin luas dan lega, ada baiknya Anda memasang sumber cahaya yang cukup atau memastikan bahwa cahaya matahari dapat memasuki ruangan ini. Tergantung peletakan masing-masing warna, Anda dapat menggunakan lampu dengan warna oranye redup yang dapat digunakan pada malam hari saat Anda tidur.

Paduan Tropical Punch, Putih Cerah, dan Navy
Layaknya kedua kutub magnet yang saling menarik satu sama lain, warna dengan kontras tinggi juga akan memperkuat nuansa sebuah ruangan. Warna punch dan biru navy adalah dua warna yang berada pada sisi berlawanan pada sebuah rona warna. Maka dari itu, menggunakan kedua warna ini pada satu ruangan yang sama akan menciptakan kesatuan unik yang tak lekang oleh waktu.

Tetapi dua warna itu saja tidaklah cukup untuk membentuk kesatuan dan harmoni sebuah ruangan. Anda masih memerlukan warna aksen yang berperan sebagai penyambung warna punch dan navy yang saling berlawanan. Warna yang paling tepat untuk dijadikan aksen pada konsep ini adalah putih cerah.

Warna putih memiliki sifat netral yang menjadikannya pilihan tepat untuk menjembatani dua warna yang sangat berbeda. Menggunakan warna cat putih cerah akan menyempurnakan ruangan sehingga suasana akan menjadi lebih nyaman dan netral, meskipun ruangan tersebut didominasi oleh dua rona cerah.