Cat anti bocor

Bagaimana Cat Anti Bocor dapat Membuat Bangunan Tahan Lama


 

Ingin bangunan Anda tahan lama dan awet? Gunakan cat anti bocor untuk melapisi dan melindunginya dari resapan air yang dapat merusak bangunan!

Pada musim penghujan seperti saat ini, kebocoran genting dan lumut yang tumbuh di bagian- bagian luar rumah Anda adalah masalah yang sangat merepotkan. Tentunya, ada banyak sekali orang yang sedang menghadapi masalah ini.

Meskipun Anda berusaha untuk menutup genting yang bocor atau menghilangkan lumut dan jamur dari dinding, hal tersebut tidak akan mencegah kejadian yang sama di masa depan. Inilah yang sering dilewatkan oleh sebagian besar orang ketika menghadapi masalah dengan kebocoran air di sekitar rumah.

Padahal, masalah ini dapat dengan mudah diselesaikan jika Anda melapisi bagian-bagian rumah Anda dengan cat anti bocor atau cat waterproof. Berikut ini adalah beberapa cara cat tahan air dapat meningkatkan keawetan bangunan Anda.

 

Meningkatkan Ketahanan Terhadap Hujan

 

Negara tropis seperti Indonesia akan selalu diterpa musim hujan yang berkepanjangan setiap tahunnya. Maka dari itu, perlindungan yang kuat untuk bagian luar rumah Anda sangatlah penting untuk memperpanjang ketahanan bangunan.

Hujan yang hampir terjadi setiap hari tentu akan menjadi penghambat ketika Anda ingin melapisi rumah dengan cat tahan air. Maka dari itu, sebaiknya Anda mempersiapkan perlindungan ini dan menerapkan cat tahan air sebelum musim hujan datang.

   

Mencegah Dampak Banjir pada Ketahanan Bangunan

 

Banjir pada musim hujan juga sering menjadi penyebab dinding bangunan yang berlumut dan lapuk. Hal ini karena genangan air banjir yang meresap ke pori-pori dinding bangunan – rasapan ini juga kana memburuk semakin lama banjir terjadi.

Namun tentu saja, Anda tidak dapat mencegah banjir karena hal tersebut merupakan bencana alam. Tapi Anda dapat mencegah kerusakan bangunan karena kelapukan dinding dengan menggunakan cat tahan air pada bagian dalam dan luar rumah.

 

Menurunkan Kemungkinan Atap Bocor

 

Meskipun tidak memiliki dampak yang signifikan terhadap ketahanan dinding dan bangunan, kebocoran atap adalah sesuatu yang sangat mengganggu kenyamanan di dalam rumah. Selain itu, kebocoran yang dibiarkan terlalu lama dapat menyebabkan pelapukan rangka atap dan bahkan kerobohan total.

Melapisi genting atau atap rumah Anda dengan cat waterproof seperti Dulux Weathershield Roof akan menurunkan risiko kebocoran atap saat hujan deras. Dengan demikian, Anda secara tidak langsung juga melindungi bagian-bagian lain atap dari kerusakan akibat kelembaban.

Namun lapisan cat anti bocor saja tidak cukup untuk menghindari kebocoran saat hujan. Penyusunan genting yang rapi dan kualitas genting juga sangat berpengaruh dalam mencegah kebocoran.

Jadi, pastikan penyusunan genting Anda sudah benar-benar rapat sebelum melapisinya dengan cat tahan air, ya!

 

Melindungi Dinding dari Resapan Cairan

 

Cat anti bocor memiliki permukaan yang rapat dan elastis, sehingga dapat mencegah resapan cairan seperti air, percikan minyak, dan lain-lain ke dalam dinding. Hal ini tentu saja akan memperpanjang usia bangunan karena bagian dalam dinding terlindungi dari kelembaban yang dapat mengurangi integritas semen dan batu bata.

Jika Anda memiliki anak-anak yang gemar mencoret-coret tembok dengan pensil warna, cat waterproof juga dapat menjadi investasi yang baik. Dengan lapisan yang menahan resapan, noda pensil warna dan lainnya dapat dengan mudah dibersihkan dari permukaan dinding.

Nah, itu dia tadi beberapa manfaat cat anti air dalam memperpanjang usia bangunan Anda. Semoga artikel ini dapat meyakinkan Anda untuk beralih ke cat premium anti air. Tunggu apa lagi? Lapisi seluruh permukaan rumah Anda dengan cat tahan air dari Dulux.