1. Lakukan persiapan. Tidak ada ruginya meluangkan waktu untuk mempersiapkan semua bahan yang Anda butuhkan. Mempersiapkan perkakas akan membantu menghemat waktu dan memudahkan Anda.

  2. Yang penting adalah kualitas. Hindari cat berkualitas buruk. Dinding Anda hanya akan memerlukan lebih banyak lapisan dan hasil akhirnya seringkali tampak tidak rata.

  3. Macam-macam kuas. Siapkan kuas sintetis 2 inci (5 cm) yang berkualitas baik untuk menjangkau pinggiran.

  4. Kerjakan dengan seksama. Artinya Anda perlu mengecat bagian sudut, pinggiran plafon, atas kotak tirai, sekitar jendela dan pintu sebelum mengecat dinding utama. Anda perlu mengulangi proses ini untuk setiap dinding sebelum beralih ke dinding berikutnya supaya cat menyatu dengan baik.

  5. Gunakan rol. Anda memerlukan rol berukuran sedang 7 inci (17 cm) untuk dinding utama. Dan jika Anda memiliki bagian sempit yang perlu dicat, maka tidak ada salahnya Anda membeli rol berukuran kecil. Jika rol Anda masih baru, bilaslah dengan air sabun sebelum memulai pengecatan untuk membersihkannya dari kotoran halus.

  6. Hilangkan tetesan cat. Anda khawatir cat menetes dari kuas? Celupkan setengah bagian kuas ke dalam cat, lalu tepuk kuat-kuat ke kaleng untuk menghilangkan cat berlebih.

  7. Lakukan pengecatan dengan pola huruf. Jika Anda mengecat bidang yang besar dengan rol cat, mulailah mengecat dengan huruf 'W' lalu isi dengan huruf 'M' tanpa mengangkat rol cat. Dengan demikian Anda akan memperoleh derajat penutupan yang rata.

  8. Tinggalkan jendela untuk yang terakhir. Jangan resah jika cat Anda memercik ke jendela. Tunggu hingga cat mengering dan hilangkan dengan alat pengerok cat (kape).

  9. Jaga agar kuas tetap prima. Simpan kuas dan rol cat Anda di dalam ember yang ditutupi lap basah jika tidak digunakan, untuk menjaga agar tidak mengering.

  10. Selalu jaga kebersihan. Letakkan lap basah yang bersih di dekat Anda dan langsung lap jika ada percikan cat. Keringkan area pengecatan dengan tisu gulung tebal untuk membersihkan lapisan cat berlebihan. Selalu jaga kebersihan selama mengecat maka akan membantu mengurangi kerepotan pembersihan di akhir pekerjaan Anda.