"Saya ingin menyewa dekorator untuk mengecat rumah saya. Bagaimana cara saya memastikan bahwa mereka memberi tampilan yang persis dengan yang saya inginkan?"

Ketika membicarakan tentang mengecat rumah, komunikasi adalah kunci yang utama.

Jika Anda ingin dekorator Anda mengubah rumah baru Anda menjadi rumah impian, Anda perlu lebih spesifik jika Anda ingin menghindari gangguan yang tidak perlu di sepanjang proses.

Berikut ini panduan tentang cara menyewa dekorator yang tepat, dan apa yang perlu Anda bicarakan dengannya:

Jika Anda menyukai cara rumah teman Anda dicat, lihat apakah Anda bisa mendapatkan informasi kontak dekorator mereka. Namun demikian Anda juga harus menghubungi sendiri dekorator Anda dan pastikan Anda melihat beberapa contoh dari hasil kerja mereka sebelum Anda bekerja sama dengan mereka.

1) Minta rekomendasi

Sebelum Anda berbicara dengan dekorator, minta rekomendasi dari orang yang Anda kenal dan Anda percaya.

Jika Anda menyukai cara rumah teman Anda dicat, lihat apakah Anda bisa mendapatkan informasi kontak dekorator mereka.

Namun demikian Anda harus berbicara sendiri dengan dekorator Anda dan pastikan Anda melihat beberapa contoh dari hasil kerja mereka sebelum Anda bekerja sama dengan mereka.

2) Temui dekorator Anda secara langsung

Semakin kuat hubungan antara Anda dan dekorator Anda, semakin besar kemungkinan mereka untuk memahami visi Anda dan melihatnya melalui realita.

Atur waktu yang nyaman bagi dekorator untuk datang ke rumah Anda dan mendiskusikan apa yang Anda inginkan serta menunjukkan rincian yang spesifik.

Semakin kuat hubungan antara Anda dan dekorator Anda, semakin besar kemungkinan mereka untuk memahami visi Anda dan melihatnya melalui realita.

3) Tunjukkan pada mereka apa yang Anda inginkan

Penjelasan merupakan hal yang penting, tetapi sebenarnya menunjukkan kepada dekorator cat seperti apa yang Anda inginkan adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa mereka memahaminya dengan tepat.

Di sinilah aplikasi Visualizer dari Dulux Visualizer App akan berguna. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat tampilan virtual seperti apa ruangan Anda akan terlihat setelah dicat, sehingga Anda dapat dengan mudah berbagi ide warna dan produk Anda dengan dekorator sebelum mereka mulai mengecat.

Pada tahap ini, juga dapat dibuat persetujuan tentang berapa lama pekerjaan tersebut akan dilakukan, dan jam berapa saja dekorator akan bekerja di rumah Anda. Begitu juga tentang persetujuan waktu yang di mulai dan waktu akhir serta klarifikasi hari apa saja mereka akan bekerja, dan apakah hari-hari tersebut termasuk akhir pekan atau tidak.

4) Hitung berapa banyak cat yang Anda butuhkan

Menghitung berapa banyak cat yang Anda perlukan sebelum Anda mendapatkan penawaran dari dekorator merupakan ide yang sangat bagus. Ini adalah cara terbaik untuk memberikan rasa tenang pikiran bahwa Anda membayar harga yang tepat untuk pekerjaan tersebut.

Kalkulator cat online dari Dulux dapat membantu Anda melakukan hal ini dalam hitungan detik. Setelah Anda menemukan cat yang Anda pilih di situs web Dulux, cukup ketik ukuran ruangan Anda, bersama dengan jumlah pintu dan jendela, dan kalkulator akan melakukan semuanya untuk Anda.

Anda mungkin tidak selalu berada di tempat ketika dekorator Anda mengecat, oleh karena itu pastikan Anda memberi mereka daftar rinci tentang semua pekerjaan yang perlu dilakukan agar mereka dapat tetap memeriksanya sembari bekerja.

5) Buat daftar yang akan dilakukan dan periksa dua kali daftar tersebut

Anda mungkin tidak selalu berada di tempat ketika dekorator Anda mengecat, oleh karena itu pastikan Anda memberi mereka daftar rinci tentang semua pekerjaan yang perlu dilakukan agar mereka dapat tetap memeriksanya sambil bekerja.

Pastikan Anda membaca kembali daftar Anda setelah Anda menulisnya untuk memastikan bahwa semuanya sudah persis seperti yang seharusnya - kesalahan dalam penulisan dapat membuat Anda berakhir dengan mengecat kamar mandi Anda dan bukan kamar tidur Anda!

Sertakan daftar cat pada daftar pekerjaan yang harus dilakukan oleh dekorator Anda agar mereka dapat melihatnya kembali kapan saja diperlukan.

6) Beri tahu secara tepat tentang cat Anda

Beri dekorator Anda nama warna yang tepat dari cat yang ingin digunakan, bersama dengan kode produk untuk menghindari kebingungan.

Sertakan daftar cat pada daftar pekerjaan yang harus dilakukan oleh dekorator Anda agar mereka dapat melihatnya kembali kapan saja diperlukan.

7) Dapatkan jenis dan hasil akhir cat yang tepat

Hasil akhir sebuah cat dapat membuat perbedaan besar pada dinding atau furnitur Anda. Pastikan dekorator Anda tahu persis hasil akhir yang Anda inginkan pada setiap permukaan dan menuliskannya pada daftar kerja mereka.

Ingatlah bahwa Anda mungkin perlu menggunakan jenis cat khusus untuk ruangan tertentu, seperti cat anti jamur untuk kamar mandi, cat tahan noda untuk dapur atau cat yang memantulkan cahaya untuk ruangan gelap.

8) Periksa pekerjaan sebelum mereka pergi

Setelah pekerjaan selesai, lakukan pemeriksaan pada saat dekorator Anda masih ada. Apakah Anda benar-benar senang dengan hasil akhirnya? Apakah ada bagian-bagian kecil yang ingin Anda perbaiki? Jika ada, beri tahu dekorator Anda sebelum mereka mengemas kuas cat mereka.

Tips terbaik

Membuat sketsa rencana dari ruangan yang ingin Anda dekorasi adalah cara yang berguna untuk menghindari kesalahan yang tidak perlu. Anda tidak perlu menjadi artis berbakat - Anda cukup memasukkan fitur-fitur yang paling penting seperti dinding, pintu dan jendela dengan panah yang menunjukkan warna dan hasil akhir yang Anda inginkan.