"Saya suka rumah baru saya, tetapi ada satu ruangan yang selalu terlihat sedikit suram. Bagaimana cara membuatnya agar terlihat lebih cerah?"

Jendela yang kecil, langit-langit yang rendah, sudut yang aneh - semua ini dapat membuat ruangan terasa lebih gelap dari yang Anda inginkan. Tetapi memilih warna yang tepat dapat memberikan efek positif secara instan terhadap kecerahan ruangan ini.

Desainer interior Henriette von Stockhausen dari VSP Interiors akan menunjukkan kepada Anda bagaimana menggunakan warna untuk mencerahkan ruangan yang paling suram sekalipun.

Warna dingin membantu dinding surut ke belakang, membuat ruangan terasa lebih luas dan terang. Gunakan nuansa abu-abu pucat, biru dan hijau untuk mendapatkan efek ringan yang maksimal.

1) Gunakan warna-warna dingin

Warna dingin membantu dinding surut ke belakang, membuat ruangan terasa lebih luas dan terang. Gunakan nuansa abu-abu pucat, biru dan hijau untuk mendapatkan efek ringan yang maksimal.

Cat yang mana? Lavaliere Stone atau Blue Silk

Warna-warna terang dapat mencerahkan dan menghangatkan ruangan yang gelap dan suram: jangan takut untuk menggunakan warna terakota yang cerah atau kuning

2) Berikan sedikit sinar matahari

Jika kehangatan yang Anda cari, jangan takut untuk menggunakan warna terakota yang terang atau kuning - warna cerah dapat mencerahkan dan menghangatkan ruangan yang gelap dan suram. Namun berhati-hatilah untuk tidak mengacaukan ruangan dengan furnitur berwarna cokelat agar skema ini tidak menjadi berlebihan.

Cat yang mana? Falling Star atau Pink Shore.

Hindari warna gelap pada langit-langit - putih selalu menjadi pilihan yang aman, tetapi Anda juga bisa menggunakan warna-warna pucat lainnya

3) Cat langit-langit Anda dengan warna pucat

Tujuannya adalah untuk membuat ruangan terlihat lebih besar dan lebih cerah, jadi hindarilah warna gelap pada langit-langit. Putih selalu menjadi pilihan yang aman, tetapi Anda juga bisa menggunakan warna-warna pucat lainnya, dari hijau sampai ke warna emas.

Cat yang mana? Tranquil atau Pale Shadow.

Memilih cat dengan hasil akhir yang mengkilap adalah cara yang bagus untuk memantulkan cahaya kembali ke ruangan - plester bernuansa pink bekerja sangat baik

4) Pantulkan cahaya yang Anda miliki

Di ruangan yang gelap Anda harus memanfaatkan secara maksimal semua cahaya yang Anda dapatkan. Memilih cat dengan sentuhan akhir mengkilap adalah cara yang bagus untuk memantulkan cahaya kembali ke ruangan, sehingga membuatnya terasa lebih cerah. Plester bernuansa pink bekerja sangat baik untuk hal ini.

Cat yang mana? Violet Tinge atau Dulux Shy Violet.

Cat architrave, papan lis dan moulding lainnya dengan warna terang yang reflektif, mungkin dengan nuansa yang memiliki kontras lembut dengan warna dinding.

5) Jangan lupakan detail

Cat architrave, papan lis dan moulding lainnya dengan warna terang yang reflektif, mungkin dengan kontras yang lebih lembut dengan warna dinding. Hal ini akan memberikan struktur ke ruangan tersebut tanpa mengurangi kecerahan.

Cat yang mana? Yesterday atau Virtuoso.