"Saya suka rumah baru saya, tapi ada satu ruangan yang sedikit lebih kecil daripada yang saya inginkan. Apakah ada yang bisa saya lakukan untuk membuatnya terasa lebih luas?"

Jika rumah baru Anda mengecil atau Anda hanya mendapatkan kaki Anda pada tangga properti, kemungkinan Anda akan memiliki setidaknya satu ruangan di rumah baru Anda yang Anda ingin sedikit lebih besar.

Tetapi hanya karena sebuah ruangan berukuran kecil tidak berarti Anda harus mengaku kalah dalam hal dekorasi. Dengan sedikit ilmu mengecat, Anda dapat dengan mudah menciptakan ilusi ruang ekstra.

Desainer interior Henriette von Stockhausen dari VSP Interiors menawarkan lima tips mengecat untuk membuat ruangan-ruangan kecil terlihat lebih besar.

Warna dingin membantu dinding surut ke belakang, membuat ruangan terasa lebih luas dan terang. Gunakan nuansa abu-abu pucat, biru dan hijau untuk mendapatkan efek ringan yang maksimal.

1) Gunakan warna gelap

Saya tidak percaya bahwa ruangan yang kecil harus selalu dicat dengan warna terang. Itu semua tergantung pada penggunaan ruangan tersebut. Kamar tidur mungkin memerlukan warna yang hangat, sedangkan kamar mandi dapat menggunakan nuansa warna yang dingin. Jika kenyamanan yang Anda cari, warna biru yang sangat gelap juga dapat sangat efektif.

Cat yang mana? Cobalah Arctic Night

2) Ciptakan ilusi ketinggian

Cat dinding Anda sampai sekitar 10 cm di bawah langit-langit, atau sampai bagian bawah cornice jika ada, kemudian cat semua yang berada di atasnya dengan warna putih. Pita ekstra berwarna putih akan secara visual meregangkan ketinggian langit-langit, membuat ruangan terlihat lebih tinggi. Nuansa toska yang dalam akan membuat tampilan yang cerdas jika dipadukan dengan warna putih bersih.

Cat yang mana? Cobalah Blue Grass

3) Perluas koridor Anda

Saya bukanlah penggemar dinding berfitur tetapi ada satu situasi di mana saya akan merekomendasikan penggunaanya, yaitu jika Anda memiliki koridor sempit yang sangat panjang. Warna gelap di kedua ujungnya membantu menarik perhatian dan membuat ruangan tidak terlihat begitu panjang. Cobalah warna merah yang kaya untuk tampilan yang dramatis.

Cat yang mana? Cobalah Wildflower

Cat architrave, papan lis dan moulding lainnya dengan warna terang yang reflektif, mungkin dengan nuansa yang memiliki kontras lembut dengan warna dinding.

4) Cobalah skema nada

Pilih kain dan furnitur dengan nuansa yang serupa dengan cat dinding Anda agar tidak terlalu menonjol. Ini akan membantu menciptakan ruangan yang tenang dan rapi yang terasa lebih besar dari yang sebenarnya. Nuansa hijau sangat cocok untuk hal ini.

Cat yang mana? Cobalah Blue Facet, Night Sky and Green Night

5) Tentukan furnitur kayu Anda

Di ruangan yang kecil, kayu dan moulding harus satu tingkat lebih gelap dari warna dinding. Ini akan menciptakan kontras yang memungkinkan tulang arsitektur ruangan lebih terlihat dan dinding akan sedikit surut, sehingga membuat ruangan terasa lebih besar. Dinding abu-abu terang dengan kayu abu-abu gelap akan menjadi nuansa warna berkelas.

Cat yang mana? Cobalah Wildflower pada dinding dan Inspired Violet pada kayu.