1. Sebelum mencari daftar lokal secara online atau meminta rekomendasi dari teman, penting kiranya untuk merangkum apa saja yang harus dikerjakan. Buat daftar apa saja yang harus dicat beserta lokasinya, dan cantumkan persiapan yang diperlukan. Dengan demikian tukang cat dapat mengestimasi penawaran yang akurat.

  2. Kumpulkan penawaran dari setidaknya tiga tukang cat berbeda dan, bila memungkinkan, mintalah mereka mengunjungi rumah Anda untuk melihat apa yang dikerjakan secara langsung. Penting kiranya agar mereka mengajukan penawaran untuk seluruh pekerjaan proses pengecatan, bukan pekerjaan persiapannya saja.

  3. Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan. Siapa yang bertanggung jawab memindahkan perabot, menutupinya, dan membersihkan sesudahnya? Apakah pekerjaan mereka bergaransi? Apakah tukang catnya diasuransi? Bisakah mereka memberikan referensi pekerjaan sebelumnya? Bagaimana jadwal atau tahapan pengerjaan yang mereka usulkan?

  4. Tanyakan juga siapa yang bertugas menyediakan cat. Jika pihak mereka, maka tanyakan cat apa yang mereka gunakan.

  5. Terakhir, yakini insting Anda. Tukang cat profesional yang baik akan bekerja secara rapi, tepat waktu, sopan dan cakap, dan siap untuk menjawab pertanyaan dan memberikan masukan. Mereka akan bersikap antusias terhadap proyek Anda sebagaimana diri Anda.