1) Berikan diri Anda banyak ruang untuk bekerja dengan membersihkan area di sekitar tangga dan melepas karpet atau runner (karpet tangga). Tutupi permukaan yang tidak ingin Anda cat dengan kertas koran atau kain pelindung dan rekatkan dengan pita perekat jika perlu.

2) Apakah Anda melihat adanya paku atau paku payung karpet yang menonjol? Jika ya, gunakan palu untuk mengetuknya sekitar 2-3mm ke arah dalam dan tutupi dengan dempul kayu [local market: please insert relevant product advice here] sehingga Anda akan memiliki permukaan yang halus untuk dikerjakan.

3) Jika Anda akan melakukan pengecatan pada kayu yang berpernis, ampelas sedikit permukaan kayu dengan ampelas kertas halus untuk menciptakan permukaan yang kasar. Hal ini akan membantu agar lapisan cat yang baru dapat menempel. (Jika cat lama yang ada pada kayu berada dalam kondisi buruk, gunakan larutan pengupas cat dan bukan kertas ampelas untuk menghilangkan cat lama tersebut.)

4) Bersihkan tangga dan pegangannya dengan penyedot debu dan kain basah untuk menghilangkan debu dan kotoran, lalu keringkan.

5) Saatnya melakukan pengecatan! Pengecatan dengan cat dasar yang bagus akan memastikan menempelnya cat pada permukaan dan meningkatkan daya tahan cat. Gunakan cat dasar dan lapisan cat dasar khusus kayu [local market: please insert relevant product advice here] pada semua permukaan kayu yang tidak memiliki cat dan permukaan dempul yang terlihat.

6) Setelah cat dasar Anda benar-benar kering, Anda siap untuk melakukan pengecatan. Mulailah pada bagian atas tangga dan kemudian turun ke bawah, pastikan untuk memulaskan kuas Anda hingga ke serat kayu. Tunggu 6-8 jam sebelum mengecat lapisan yang kedua.

7) Jika Anda menggunakan warna yang berbeda untuk tangga dan pegangan tangga, cat setiap bagian secara terpisah dan beri banyak waktu untuk mengering sebelum melanjutkan pengecatan. Gunakan selotip kertas untuk mendapatkan hasil akhir yang rapi di mana dua warna tersebut bertemu.

8) Setelah semua cat mengering Anda dapat memasang kembali karpet tangga - atau membiarkan tangga Anda tanpa karpet untuk mendapatkan tampilan yang bersih dan klasik, yang benar-benar akan memamerkan hasil pekerjaan cat Anda.