1. Bersihkan dinding

Dinding dan permukaan dapur seringkali berminyak. Sebelum Anda mulai mengecat, sangat penting untuk membersihkan semua permukaan secara menyeluruh untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan hasil akhir yang bagus. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan membersihkannya menggunakan sabun atau larutan deterjen yang kuat. Gunakan air hangat dan bilas secara menyeluruh semua residu sebelum membiarkan permukaan ini mengering.

2. Siapkan ruangan

Sebelum mulai mengecat, tutupi tepian lantai, alat-alat, trim dan meja dapur dengan pita perekat. Hal ini akan membantu Anda menciptakan tepian yang bersih pada permukaan yang Anda cat. Sebaiknya Anda juga melindungi meja dapur, peralatan dan lantai dengan lembaran plastik agar tidak terkena tetesan cat.

3. Mulai dari atas

Seperti halnya ruangan lain, mulailah mengecat dapur Anda dari plafon ke bawah, sehingga tetesan cat tidak jatuh ke permukaan yang baru saja dicat. Untuk langit-langit dan dinding, gunakan cat dapur karena cat ini lebih tahan pemakaian dan dan dirancang supaya mudah dibersihkan. Cat vinil standar dapat digunakan pada langit-langit karena tidak perlu dicuci secara teratur. Mungkin akan lebih mudah bagi Anda untuk mengecat area permukaan yang kecil dan tepian dengan kuas daripada dengan rol cat.

4. Cat pintu lemari dapur

Jika Anda ingin mengecat pintu lemari dapur, akan lebih mudah bagi Anda bila Anda melepasnya terlebih dahulu. Bersihkan terlebih dahulu dengan sabun atau deterjen, kemudian isi setiap lubang atau torehan pada pintu dengan dempul kayu, sebelum mengamplas dan membersihkannya. Bergantung pada permukaan, mungkin Anda perlu menggunakan cat primer khusus dan lapisan cat dasar supaya cat lebih menutup. Dulux V-Gloss adalah cat yang kuat dan tidak memerlukan lapisan cat dasar.

5. Mengecat kayu

Tuntaskan dengan mengecat semua perabot kayu. Cat dari atas ke bawah, dimulai dengan jendela - Anda sebaiknya mulai mengecat di pagi hari agar mereka memiliki satu hari penuh untuk mengering sebelum ditutup di malam hari. Selanjutnya, cat pintu, kosen pintu dan architrave dilanjutkan dengan lis dinding. Dengan mengecat lis dinding paling akhir, kecil risiko bahwa kuas Anda akan tercemar oleh kotoran atau debu.