1. Bersihkan jamur

Gunakan larutan encer pemutih atau fungisida/pembersih jamur untuk menghilangkan jamur. Kami anjurkan untuk melakukan hal ini sehari sebelum Anda berencana melakukan pengecatan untuk memberi waktu supaya permukaan benar-benar kering.

Berhati-hatilah ketika menggunakan bahan kimia - gunakan pelindung mata dan kulit dan ikuti petunjuk penggunaan produk.

2. Bersihkan ruangan

Anda mungkin harus mengeluarkan semua barang-barang dari ruangan, termasuk berbagai perlengkapan, seperti gantungan handuk atau tempat tisu gulung. Simpan semua sekrup dalam kantong tertutup supaya tidak hilang.

3. Siapkan permukaan yang akan dicat

Buang semua cat yang mengelupas dengan alat pengikis, dan isi retakan atau lubang dengan dempul tahan air. Setelah permukaan kering, amplas permukaan tersebut supaya halus.

Amplas juga semua permukaan kayu yang akan dicat agar cat baru dapat melekat dengan baik. Lakukan penyedotan debu.

4. Bersihkan permukaan yang akan dicat

Gunakan sabun gula atau larutan deterjen untuk menghilangkan lemak apapun, lalu bilas dengan air dingin. Hal ini juga membantu untuk menghilangkan residu debu dari pengamplasan dan memastikan cat melekat dengan baik di permukaan.

5. Lindungi lantai Anda

Tutup perlengkapan mandi dan lantai dengan lapisan pelindung dari debu, dan rekatkan kantong plastik kecil di sekitar kepala pancuran dan keran. Jika Anda tidak mengecat lantai Anda, gunakan pita perekat di tepi lantai untuk melindung lantai Anda dari percikan cat.

6. Siapkan cat dan peralatan Anda

Kami sarankan Anda menggunakan cat khusus kamar mandi, seperti Dulux. Hal ini membuat permukaan kamar mandi menjadi anti jamur dan tahan terhadap efek air, uap dan kelembapan.

Anda perlu memiliki rol untuk mengecat dinding dan langit-langit, dan kuas kecil untuk sentuhan akhir dan pengecatan bagian sudut.

7. Mengecat langit-langit

Bila Anda siap untuk mulai mengecat, mulailah dengan mengecat plafon. Dengan begitu, setiap cat yang menetes akan jatuh ke permukaan yang belum dicat dan Anda dapat dengan mudah membersihkannya atau menimpanya lagi dengan cat nanti.

Jika Anda mengecat dinding Anda dan langit-langit dengan dua warna yang berbeda, Anda harus 'memotong' sudut untuk mendapatkan hasil akhir yang sempurna. Ikuti panduan langkah-demi-langkah kami untuk hal tersebut.

8. Mengecat dinding dan/atau lantai

Selanjutnya, saatnya untuk mengecat dinding. Sebuah trik cerdas adalah melebihkan cat beberapa sentimeter atau lebih di atas kayu - ini akan membuat garis yang bersih dan rapi untuk langkah berikutnya.

Jika Anda mengecat lantai Anda, kami sarankan Anda untuk menggunakan cat khusus ubin kamar mandi, seperti Dulux. Hal ini akan membantu melindungi permukaan lantai dari jamur.

9. Mengecat kayu

Caranya adalah dengan memulai di bagian tengah ruangan dan berangsur-angsur keluar, hal ini mengurangi risiko mengecat lagi permukaan yang baru dicat. Dengan pemikiran ini, urutan terbaik untuk mengecat kayu Anda adalah bingkai jendela, kosen jendela bagian bawah, papan lis dinding bagian bawah dan, akhirnya, kosen pintu.

10. Kembalikan semua pada tempatnya

Setelah kering (kami sarankan Anda mengikuti petunjuk waktu pengeringan yang tertera pada kaleng cat), Anda dapat mulai mengembalikan semuanya ke dalam ruangan. Pasang kembali perlengkapan Anda dan Anda siap untuk berendam lama di kamar mandi!