1) Sebelum memulai, lepas terlebih dahulu semua pegangan dan bersihkan permukaan kayu dengan air sabun panas dan busa nilon. Anda juga harus mengisi semua celah atau lubang dengan dempul kayu, seperti Dulux, sebelum melakukan pengamplasan ringan hingga permukaannya halus. Kemudian bersihkan dengan kain lembab dan biarkan mengering.

2) Saatnya persiapan cat. Oleskan satu lapis cat primer khusus kayu serta lapisan cat dasar dan biarkan mengering (periksa petunjuk pemakaian jika Anda tidak yakin dengan waktu pengeringan).

3) Saatnya mengecat! Sebaiknya Anda menggunakan cat berbahan dasar air, karena cat tersebut dapat kering dengan cepat dan memberikan hasil akhir yang indah. Sebaiknya Anda bekerja di area yang berventilasi baik tetapi jauh dari angin langsung (hal ini bisa menyebabkan cat kering terlalu cepat).

4) Oleskan lapisan pertama cat Anda dengan kuas sintetis berkualitas baik dan berikan banyak waktu untuk mengering sebelum mengoleskan lapisan yang kedua. Untuk pengecatan yang super mulus, basahi sedikit kayu tersebut terlebih dahulu dengan spons.

5) Jika Anda mengecat permukaan meja atau permukaan horisontal, sebaiknya Anda mengoleskan satu atau dua lapis pernis jernih untuk memberikan perlindungan ekstra setelah cat benar-benar kering. Pernis satin atau redup sangat baik untuk membantu menyamarkan goresan. Berikan setidaknya 12 jam bagi furnitur Anda untuk mengering sebelum memasang kembali pegangan dan menempatkannya ke tempat semula.

6) Tambahkan keindahan furnitur Anda yang baru dicat dengan aksesoris, seperti koleksi gelas atau foto.