1. Di mana membelinya?

Sebagian besar toko perangkat keras dan toko peralatan seni memiliki banyak pilihan stensil yang sudah dipotong. Bahkan ada beberapa perusahaan yang menciptakan stensil khusus untuk desain singkat, jadi ada baiknya Anda mencarinya dahulu secara online. Atau, untuk sentuhan yang lebih pribadi, Anda dapat mencoba memotong sendiri rancangan Anda dari kertas pelapis.

2. Pilih kuas yang tepat

Untuk menghindari stres, kami anjurkan Anda untuk memilih kuas yang tepat. Kuas khusus stensil berbentuk bulat dengan bulu kuas yang kaku dan pendek yang dirancang untuk membantu Anda menerapkan cat pada dinding tanpa terkena bagian luar stensil. Anda dapat menemukannya di sebagian besar toko perangkat keras dan dekorasi.

3. Gunakan perekat

Jika Anda akan menempelkan stensil pada permukaan vertikal seperti dinding, Anda dapat menggunakan perekat semprot khusus stensil. Tersedia di hampir sebagian besar toko perangkat keras dan toko peralatan seni, perekat ini dapat menopang dengan baik stensil Anda ketika Anda melakukan pengecatan.

4. Bekerja bertahap

Sebaiknya Anda memulai dari bagian luar ke dalam, lakukan pengecatan terlebih dahulu di sepanjang tepi stensil untuk membuat garis tepi sebelum beralih ke bagian tengah. Hal ini akan membantu Anda mencegah masuknya cat ke bagian bawah tepi. Celupkan kuas Anda dengan hati-hati - cukup sedikit saja sudah dapat digunakan untuk banyak area.

5. Luangkan waktu Anda

Mengecat dengan stensil bisa menjadi pekerjaan yang mengesalkan, jadi pastikan Anda menyisihkan banyak waktu agar Anda tidak terburu-buru. Bekerja secara perlahan bagian demi bagian adalah rahasia bebas stres dari penggunaan stensil. Buat desain Anda dengan lapisan tipis dan sediakan tisu atau lap dapur untuk menyeka kelebihan cat.