Terlepas dari apakah Anda sudah memiliki skema warna atau belum, menciptakan papan mood akan membantu membuat perjalanan kreatif Anda menjadi sedikit lebih mudah.

1) Putuskan papan mood apa yang Anda inginkan - tradisional atau digital? Jika Anda memilih papan mood tradisional, Anda akan memerlukan selembar kertas kosong (idealnya ukuran A3 atau lebih) dan beberapa Blu-tack atau papan gabus dan beberapa paku payung. Jika Anda lebih memilih untuk menciptakan papan mood digital, cobalah Pinterest (pinterest.com). Ini adalah alat bookmark yang sangat bagus yang memungkinkan Anda untuk menyusun, mengumpulkan dan menyimpan gambar-gambar dan ide secara online.

2) Jika Anda tidak yakin bagaimana memulainya, cobalah mulai dengan salah satu item yang Anda suka. Hal tersebut dapat berupa bagian dari furnitur, kartu warna cat atau pakaian favorit Anda. Tempatkan item tersebut di bagian tengah papan mood Anda.

3) Sekarang saatnya menciptakan visi Anda. Lihatlah majalah dan gunakan berbagai artikel online, seperti blog dan Pinterest untuk mengumpulkan gambar yang memicu imajinasi. Anda juga dapat mengumpulkan kain, cat dan sampel wallpaper dari pemasok lokal Anda.

4) Saatnya untuk bermain. Atur gambar-gambar dan sampel Anda di sekeliling papan Anda untuk melihat kecocokannya. Bagaimana mereka memengaruhi gambar utama Anda? Apakah warna-warna tersebut cocok satu sama lain? Jika Anda menggunakan papan tradisional, hindari menetapkan apa pun sampai akhir - dengan cara ini Anda dapat mengubah pikiran Anda kapan pun juga.

5) Setelah Anda selesai membuat papan yang Anda suka, ambil fotonya (atau cetak jika dilakukan secara online) dan lihatlah kembali ketika Anda memilih cat dan furniture. Dengan cara ini Anda akan memiliki gambar visual untuk membantu Anda berfokus pada menciptakan ruang impian Anda.

Papan mood adalah cara yang bagus untuk bereksperimen, jadi percayalah pada naluri Anda dan yang terpenting, Anda harus bersenang-senang!