1. Pertama, periksa cuaca untuk memastikan adanya kondisi kering. Jendela yang baru dicat harus dibiarkan terbuka untuk mengering, jadi kami sarankan kepada Anda untuk memulai pekerjaan ini sepagi mungkin agar dapat memberikan cukup waktu untuk pengeringan.
  1. Semua kunci dan pegangan jendela harus dilepas sebelum pengecatan dengan cat primer, tetapi apabila perangkat keras masih terpasang pada jendela Anda, sebaiknya dilepas atau menutupinya dengan selotip kertas.
  1. Jika Anda khawatir cat mengotori kaca, gunakan selotip kertas untuk membuat penghalang di sekeliling tepi kaca. Jika Anda dapati cat mengotori kaca, jangan khawatir. Setelah cat kering, cat ini dapat dengan mudah dikikis dengan pengikis (tersedia di toko perangkat keras)
  1. Anda siap untuk mengecat! Sebaiknya Anda mulai terlebih dahulu dengan batang bingkai (bingkai yang memisahkan dan menahan kaca). Cat bagian horizontal terlebih dahulu, dan kemudian ke bagian vertikal.
  1. Berikutnya, pindah ke bagian rel. Rel adalah bagian horizontal dari bingkai yang berada di bagian atas dan bawah daun jendela - pada bagian ini terdapat alur yang menahan kaca jendela. Ketika mengecat rel, cobalah untuk meninggalkan lapisan cat yang sangat tipis di antara kaca dan bingkainya. Hal ini bertujuan untuk menciptakan segel agar dempul atau bahan penambal lainnya tidak kering.
  1. Selesaikan dengan mengecat kosen dan ambang jendela. Sebaiknya berikan sedikitnya dua lapisan cat pada bagian ini, oleh karena itu jangan tergesa-gesa dan beri cukup waktu agar setiap lapisan benar-benar kering sebelum mengecat lapisan berikutnya.
  1. Setelah bingkai jendela Anda benar-benar kering, hal terakhir yang harus dilakukan adalah memasang kembali kunci dan pegangan, kemudian kagumi pemandangannya!